Jumat, 04 Juni 2010

BELIMBING MANIS KAYA VITAMIN, TANGKAL SARIAWAN

Belimbing manis bermanfaat bagi kesehataan,salah satunya untuk mengobati sariawan. Hali ini dikarenakan belimbing manis mengandung pektin,natrium,kalium,vitamin C,vitamin B2,fosfor,serat da zat besi.
Sariwan merupakan suatu kelainan pada selaput lendir mulut yang ditandai dengan luka pada mulut. Biasanya berbentuk bercak-bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan sedikit cekungan. Sariawan biasanya banyak diderita wanita dari pada pria. Sariawan ditempat yag sama selama 2 minggu hingga 1 bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut.
Ada beberapa faktor penyebab munculnya sariawan. Misalnya luka tergigit,mengonsumsi makanan atau minuman panas,alergi,kekurangan vitamin C dan zat besi. Selain itu,kelainan pencernaan,kebersihan mulut tidak terjaga,faktor psikologi dan kondisi tubuh yang tidak fit. Penyakit sariawan bukan saja dikarenakan kekurangan vitamin C, tetapi bisa disebabkan oleh alergi citrus atau alergi makanan yang mengandung asam,kondisi imun yang lemah,alergi obat-obatan tertentu dan trauma fisik(misalnya penggunaan gigi palsu baru)
Ada tips herbal untuk mengobati sariawan. Sediakan buah belimbing manis yang sudah masak secukupnya. Cuci bersih,lalu dibuat jus atau minuman segar dengan cara diblender. Atau belimbing manis yang sudah masak langsung disantap sebagai buah pencuci mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar